Kemampuan kita dalam bermusik adalah keterampilan yang menjadikan kita manusia yang unik. Ada beberapa peneliti yang berpendapat bahwa musik adalah produk sampingan dari perkembangan bahasa, dan musik memainkan peran penting dalam perkembangan dan fungsi otak. Peneliti lain mengatakan musik muncul sebelum perkembangan bahasa, dan bahasa adalah bentuk lain dari ekspresi musik. Terlepas dari sudut pandang tersebut, musik dan bentuk aktivitas kreatif lainnya telah memainkan peran evolusioner yang kuat dalam pengembangan keterampilan bahasa, kognitif, dan sosial.

Sayangnya, ketika sekolah negeri di seluruh Jual Alat Marching Band negeri memangkas anggarannya, salah satu program pertama yang mendapat pemotongan adalah program musik. Beberapa orang memandang pendidikan musik sebagai kegiatan yang menyenangkan namun tidak penting dan menyita waktu dari mata pelajaran yang lebih penting seperti matematika, sains, sejarah, dan seni bahasa. Apa yang mungkin tidak mereka sadari adalah bahwa pendidikan musik dapat membantu seorang anak unggul dalam mata pelajaran ini dan bidang kehidupan lainnya.

Peneliti ilmu saraf telah menemukan bahwa otak seorang musisi bekerja lebih keras dibandingkan otak seorang non-musisi. Pasalnya, musisi harus lebih banyak menggunakan otaknya untuk memainkan suatu alat musik. Anak-anak yang hanya diberi pengajaran musik selama beberapa minggu menunjukkan perkembangan diskriminasi suara dan keterampilan motorik halus yang lebih baik dibandingkan anak-anak yang tidak menerima pengajaran musik apa pun.

Salah satu keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam matematika dan sains adalah kecerdasan spasial-temporal, dan penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara musik dan perkembangan kecerdasan spasial-temporal. Kecerdasan spasial-temporal adalah kemampuan untuk melihat pola dalam soal-soal bertingkat yang umum dalam matematika dan sains. Seiring berjalannya waktu, para peneliti menemukan bahwa siswa yang mendapat pengajaran musik cenderung memiliki kecerdasan spasial-temporal yang lebih baik dibandingkan siswa yang tidak mendapatkan pengajaran musik.

Tes terstandar telah menjadi norma di sekolah-sekolah negeri di seluruh negeri. Program pendidikan musik yang berkualitas memainkan peran penting dalam menentukan seberapa sukses siswa dalam ujian standar. Mempelajari cara bermain musik melibatkan pengembangan konsentrasi dan ingatan, yang keduanya diperlukan untuk mendapatkan hasil yang baik pada tes standar. Penelitian telah menunjukkan bahwa sekolah dasar yang menyediakan program musik yang ketat memiliki siswa yang mendapat nilai sekitar 20 poin persentase lebih tinggi pada tes standar dibandingkan sekolah yang tidak menawarkan program pendidikan musik.

Ada banyak manfaat memiliki kemampuan bermusik, dan para peneliti masih mengeksplorasi bagaimana musik memengaruhi pembelajaran dan tugas non-musik lainnya. Disiplin, mempelajari keterampilan baru, mengingat kembali ingatan, tampil di depan penonton adalah semua aspek yang dapat diperoleh seorang anak dengan berpartisipasi dalam program musik yang bagus. Jika sekolah tidak memiliki program musik, maka orang tua dapat pergi ke sejumlah studio musik swasta seperti Kenmore Piano Studio, di mana siswa dapat menerima pelatihan musik dan memperoleh manfaat dari pendidikan musik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *