Optimasi SEO Instagram Untuk Meningkatkan Brand Awareness

Sebagai tidak benar satu media sosial terkenal yang kini digunakan banyak orang, tidak banyak yang memahami bahwa usaha atau merk bisa jalankan optimasi SEO di Instagram.

Instagram mempunyai setidaknya satu miliar pengguna aktif di semua dunia. Dikutip berasal dari Oberlo, 80% akun di Instagram mengikuti (follow) akun bisnis. Dengan demikian, jadi besar peluang untuk meningkatkan visibilitas online dan mengembangkan usaha lewat platform ini. Inilah mengapa mutlak untuk jalankan optimasi dan menyempurnakan performa Instagram brand.

Kenapa Optimasi Instagram? majalahponsel.org

Memiliki jumlah pengguna aktif yang melimpah, Instagram adalah media sosial yang enteng diakses dan digunakan. Berikut lebih dari satu data statistik lainnya yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda:
Dua pertiga berasal dari total basis pengguna Instagram berusia 34 th. atau lebih muda. Hal ini mutlak dengan meningkatnya kekuatan beli kelompok usia ini.
Orang menghabiskan kurang lebih 53 menit per hari di Instagram. Sebuah peluang bagi Anda untuk menarik prospek di platform.
83% orang gunakan Instagram untuk menemukan produk atau layanan baru.
Menurut Facebook IQ, sehabis melihat produk atau layanan di Instagram, 79% orang mencari informasi lebih lanjut selagi 65% mendatangi situs situs atau aplikasi merk tersebut. 46% apalagi jalankan pembelian (baik online atau offline) dan 31% mengikuti akun brand
90% orang di Instagram mengikuti setidaknya satu akun bisnis
50% orang lebih tertarik terhadap suatu merk kala mereka melihat iklannya di Instagram
67% pengguna yang disurvei jalankan ‘swipe up’ ke link Stories punya brand
130 juta akun Instagram mengeklik pos belanja untuk mempelajari lebih lanjut perihal produk setiap bulannya. (Source

Selain itu, dua per tiga kunjungan profil (profile visit) ke akun usaha berasal berasal dari mereka yang tidak mengikuti usaha tersebut. Optimasi yang pas pasti akan mendatangkan lebih banyak pengunjung dan meningkatkan merk awareness. Konten usaha Anda di Instagram bisa secara efektif mendukung Anda menarik calon pelanggan.

Baca juga: 7 Langkah Mudah Membuat Social Media Strategy

Optimasi SEO di Instagram

Data statistik di atas tunjukkan betapa pentingnya untuk bisa ditemukan di Instagram. Lebih banyak eksposur yang usaha Anda dapatkan, maka jadi baik. Namun, pasti langkah kerja optimasi SEO Instagram berbeda dengan optimasi mesin pencari. Kali ini kami telah merangkum beraneka usaha praktis yang bisa Anda jalankan untuk memaksimalkan Instagram.

1. Pastikan telah profil bisnis

Agar lebih enteng dikenal publik luas, Anda wajib menyesuaikan dan menegaskan bahwa akun Instagram merk Anda telah beralih ke business account. Optimalkan setiap elemen sehingga tampilan jadi profesional seperti usaha yang bisa dipercaya. Dengan akun bisnis, Anda bisa nikmati beraneka fitur ekstra seperti wawasan perihal audiens (demografi, follower growth, dll). Anda termasuk bisa mengaplikasikan pendukung usaha seperti Instagram Ads, Instagram shipping, dll.

2. Gunakan nama yang enteng ditemukan

Di tengah jumlah pengguna Instagram yang banyak, pasti Anda wajib mempunyai trick sehingga enteng ditemukan. Salah satu yang paling basic adalah penentuan username dan display name. Nama haruslah serasi dengan brand, namun selalu simple dan juga enteng dikenali dan diingat. Gunakan username dan display name yang melukiskan usaha atau punya kandungan keyword yang perihal dengan produk dan layanan. Dengan demikian, akun Anda bisa keluar di bagian atas pencarian kala seseorang mengetikkan keyword tersebut.

3. Memaksimalkan bio

Tidak hanya terhadap username dan display name, bio adalah area yang termasuk benar-benar sesuai untuk menanamkan keyword sehingga akun Anda keluar dalam hasil pencarian teratas yang relevan. Anda bisa memasukkan kata kunci sekunder untuk menjelaskan usaha secara lebih detail. Tips sehingga bio maksimal:

Kalimat singkat dan padat yang menjelaskan merk dan juga key benefit.
Tambahkan call to action sebagai penutup untuk mengajak orang memahami lebih lanjut

4. Tambahkan alt. text

Instagram mempunyai fitur yang mendukung Anda membatasi gambar dengan lebih detail. Menambahkan bagian ini terhadap konten akan mendukung algoritma memahami gambar atau foto apa yang yang Anda sajikan dengan lebih enteng sehingga mendukung SEO Instagram. Fitur alt. text ini awalnya ditujukan untuk mendukung pengguna tunanetra untuk memahami konten visual Instagram.

Meskipun Instagram secara otomatis membuahkan teks alternatif untuk gambar Anda, pastikan Anda mengedit bagian ini untuk membuatnya lebih deskriptif dikarenakan daftar yang dibuat secara otomatis mungkin tidak cukup detail. Cara mengaturnya adalah dengan mengklik “Advanced Setting” sebelum akan berbagi foto, lalu temukan kolom “Tulis alt. text Anda” dan coba mengeditnya.

5. Tulis caption deskriptif

Caption adalah langkah lain bagi pengguna untuk menemukan konten Anda. Oleh dikarenakan itu, gunakan caption yang tidak hanya menarik dan relevan, namun termasuk benar-benar bisa melukiskan mengisi konten. Gunakan yang deskriptif. Di dalamnya, Anda bisa memasukkan kata kunci turunan yang disiapkan untuk optimasi SEO Instagram sehingga peluang konten berikut ditemukan dan tempati peringkat atas dalam hasil pencarian menjadi lebih tinggi.

Baca juga: 7 Tren Social Media Marketing Untuk Panduan Bisnis

6. Masukkan hashtag dan location

Saat menulis caption, jangan dulu lupa untuk menambahkan hashtag. Konten Anda bisa keluar di hasil pencarian lewat hashtag yang relevan tersebut. Inimemungkinkan pengguna dengan minat yang serupa untuk menemukan posting Anda dengan lebih mudah. Saat menambahkan hashtag, mutlak untuk memperhatikan hashtag umum yang ramai digunakan dan hashtag khusus atau lebih khusus melukiskan konten Anda. Campurkan keduanya, gunakan di bawah 30 hashtag. Di dalam postingan, Anda termasuk bisa menambahkan tag location untuk tujuan yang sama.

7. Hindari black hat SEO

Mendapatkan hasil yang Anda dambakan pasti perlu waktu, apalagi jika lewat langkah organik. Cara cepat yang curang bukanlah solusi, justru akan menjadi boomerang dan menurunkan performa optimasi SEO Instagram. Mungkin sesungguhnya nampak hasilnya di awal, namun hasil berikut tidak akan bisa bertahan lama apalagi berkembang. Instagram sendiri telah secara tegas memperingati pengguna perihal perihal ini. Pembelian follower, spamming, pemanfaatan bot untuk likes, dan sebagainya berpotensi memicu akun Instagram milikmu di-banned.

8. Perhatikan Analitik dan Evaluasi

Dalam setiap usaha optimasi, wajib adanya evaluasi untuk mengukur hasil dan melihat apa ulang yang bisa dikembangkan. Begitu pula kala memaksimalkan Instagram. Anda bisa jalankan pengecekan berkala dengan data-data yang bisa diperoleh gratis di bagian Insight. Ragam data berikut tunjukkan mutu konten dan performa Instagram Anda secara garis besar, seperti jangkauan, interaksi, dan kunjungan profil. Dengan begitu, Anda bisa menyusun trick yang lebih efektif untuk meningkatkan visibilitas dan pengembangan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *