Sejuta fungsi Mendaftarkan Merek Bagi Pelaku UMKM!

Sobat KH, tahukah kamu? kalau bersama mendaftarkan brand Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) anda bisa datangkan sejuta manfaat. Merek sangatlah penting sebagai identitas sebuah product barang atau jasa milik pelaku UMKM. Untuk itu segeralah tegaskan keberadaan brand UMKM anda bersama mendaftarkan kepada negara.

Tidak kalah pentingnya, pendaftaran brand kepada Direktorat Jenderal (Ditjen) Kekayaan Intelektual (DJKI) merupakan bentuk perlindungan brand para pelaku usaha, termasuk UMKM. Setelah anda punyai keliru satu bentuk perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), pemilik usaha bisa Mengenakan brand dagang/bisnis secara eksklusif.

Merek tersebut bisa berbentuk tampilan grafis, baik di dalam bentuk gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, lapisan warna di dalam bentuk dua dimensi atau tiga dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari dua sampai lebih unsur tersebut.

Untuk memastikan Sobat KH bakal pentingnya mendaftarkan brand UMKM, mari kami memandang faedah lainnya yang bisa anda rasakan, yaitu:

Dapat tingkatkan kekuatan saing di dunia usaha.
Mampu menjadi kebolehan product supaya lebih mudah diterima oleh masyarakat.
Salah satu siasat pemasaran di dalam membangun citra dan reputasi produk.
Hak atas brand bisa dilisensikan, supaya menjadi sumber penghasilan segera berbentuk royalti.
Bisa menjadi keliru satu aset usaha berharga kelas merek dagang .

Mencegah pihak-pihak untuk menggunakan dan/atau memasarkan produk-produk yang sama atau mirip bersama brand UMKM Sobat KH.

Mendapatkan perlindungan hukum di dalam jangka saat 10 th. sejak tanggal penerimaan, dan bisa diperpanjang bersama jangka saat yang sama.

Mendaftarkan brand termasuk berkontribusi terhadap transparansi pasar, yang beruntung konsumen serta pelaku usaha.

Mendatangkan faedah ekonomis di masa depan.
Menjamin asal barang atau jasa.
Dalam mencapai bervariasi faedah dari mendaftarkan brand UMKM, anda tidak wajib kuatir bakal merogoh kocek besar. Biaya pendaftaran bagi UMKM yang ditetapkan oleh Ditjen HKI Kemenkumham adalah sebesar Rp500.000 – Rp600.000 per kelas. Artinya, sebelum akan mendaftarkan brand anda wajib pilih kelas barang dan jasa sesuai bersama klasifikasi, selanjutnya jalankan penelusuran brand untuk jelas ketersediaannya.

Sementara untuk tarif perpanjangan di dalam jangka saat 6 bulan sebelum akan atau sampai berakhirnya perlindungan merek, bagi UMKM adalah sebesar Rp1.000.000 kalau dilaksanakan secara online. Sedangkan kalau dilaksanakan secara manual atau offline Rp1.200.000.

Begitu lah pembahasan seputar pentingnya mendaftarkan brand UMKM anda untuk dapatkan bervariasi faedah positif bagi bisnis, beberapa syarat pendaftaran, sampai tata cara pendaftaran brand UMKM yang kini lebih mudah.

Bagi Sobat KH yang tetap punyai pertanyaan ataupun tidak ingin repot di dalam pendaftaran brand UMKM kamu, bisa segera hubungi Kontrak Hukum. Kami sediakan fasilitas pengecekan dan pendaftaran merek, hak cipta, dan termasuk desain industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *